,

Kuliah Gabungan Joglosemar, Kerjasama Antar Universitas untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Psikiatri

Departemen psikiatri dari 3 Universitas besar Indonesia: Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Diponegoro (UNDIP), telah menjalin kerjasama untuk melaksanakan prinsip Sustainable Developmental Goals terkait Quality Education, Good Health and Well Being, dan Partnership. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan psikiatri, memperluas wawasan mahasiswa, dan membangun jejaring antar universitas.

Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah dengan mengadakan kuliah zoom dengan supervisi dari ketiga center pendidikan tersebut, yang disebut sebagai “Kuliah psikiatri Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang).” Kuliah zoom ini memungkinkan mahasiswa dari ketiga universitas untuk mengikuti kuliah dari narasumber yang berbeda, sesuai dengan bidang keahlian mereka. Kerjasama ini sudah dilaksanakan sejak semester lalu, dengan event pertama pada tanggal 26 September 2023.

Terdapat 3 topik yang dibahas dalam kuliah zoom ini, yaitu psikoterapi komunitas, psikiatri biologi, dan psikiatri komunitas. Topik pertama adalah psikoterapi komunitas, yang diampu oleh Prof. DR. dr. Aris Sudiyanto, Sp. KJ (K) dari UNS, yang merupakan ahli psikoterapi. Dalam topik ini, mahasiswa belajar tentang konsep, teknik, dan aplikasi psikoterapi dalam berbagai kasus psikiatri. Topik ini sudah berlangsung lebih dari 10 kali pertemuan, dengan materi yang beragam dan menarik.

Topik kedua adalah psikiatri biologi, yang terutama diampu oleh dr. Innawati Jusup, Sp.KJ, M.Kes, dari UNDIP. Dalam topik ini, mahasiswa belajar tentang dasar-dasar neurobiologi, farmakologi, dan neuroimaging dalam psikiatri. Topik ini baru berlangsung 1 kali pertemuan, namun sudah memberikan gambaran yang cukup jelas tentang psikiatri biologi.

Kuliah psikiatri Joglosemar, Quality Education untuk Mental Health

Topik ketiga adalah psikiatri komunitas, yang diampu oleh narasumber dari UGM. Narasumber dari UGM adalah Prof Dr. dr. H. Soewadi, M.P.H, SpKJ(K), Dr. dr. Carla R Marchira, Sp.KJ(K), dan dengan alumni UGM Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc, Sp.KJ(K) dan dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp.KJ (K). Dalam topik ini, mahasiswa belajar tentang konsep, strategi, dan program psikiatri komunitas dalam mengatasi masalah kesehatan mental di masyarakat. Topik ini sudah berlangsung 4 sesi, dengan materi yang relevan dan aktual.

Dalam setiap sesi, dilakukan evaluasi dari mahasiswa, dan sebagian besar menyatakan bahwa kuliah dari masing-masing narasumber cukup jelas dan bermanfaat. Mahasiswa juga merasa senang dan termotivasi untuk belajar lebih banyak tentang psikiatri. Kerjasama ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pendidikan psikiatri di Indonesia.

 

Posted by: Afkar Aulia

Artikel dibuat dengan bantuan bing AI.

Good health and well being - SDGsQuality Education - SDG 4Partnership for Goals - SDG 17

 

 

 

Keyword SDGs: Quality Education, Good Health and Wellbeing, Partnership for Goal.

Subdomain SDGs: Mental Health (3.4), Equal Access to Higher Education (4.3), Capacity building partnership (17.3)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.